Tuesday, December 03, 2013

0

Enormousight : melihat sesuatu secara lebih luas dan lebih menyeluruh

Posted in



Judul               : Enormousight
Halaman          : 80 halaman
Cover              : Soft cover
ISBN               : 978-979-99267-1-5
Tahun terbit     : 2010
Penerbit           : Galeri foto jurnalistik antara
 
Banyak sekali realita yang ada dalam kehidupan luput dari pengamatan dan perhatian kita. Hiruk pikuk kehidupan seolah menenggelamkan kebenaran yang tersimpan di balik setiap kisah maupun peristiwa. Justru seringkali melalui pemandangan sehari-hari yang biasa saja membuat kita tidak sensitive padahal dari kisah-kisah dan pemandangan yang biasa tersebut tersimpan cerita-cerita menarik dan dapat menjadi sebuah pelajaran berharga yang tidak mungkin didapat dari bangku sekolahan. Melalui workshop galeri foto jurnalistik antara angkatan XV inilah para fotografer terpilih yang terdiri dari 28 fotografer mencoba menampilkan sisi lain dari realita kehidupan yang seringkali terlupakan dan dianggap biasa saja melalui foto yang lebih menekankan pada Human Interest.
Buku dengan judul enormousight ini merupaka sebuah buku yang bertujuan untuk memberikan pengertian dan pandangan yang lebih luas serta lebih menyeluruh mengenai sebuah peristiwa seperti arti dari kata enormousight (yang merupakan gabungan dari kata enormous dan sight) sendiri yakni melihat sesuatu secara lebih luas dan lebih menyeluruh. Dalam pengambilan foto oleh para fotografernya pun dilakukan dengan tidak mudah karena setiap proses pengerjaannya memaksa para fotografer untuk pergi jauh demi mendapatkan cerita dan gambar yang menarik.

Buku ini merupakan kumpulan foto pameran karya workshop fotografi galeri foto jurnalistik antara angkatan XV pada tanggal 21 mei-25 juni tahun 2010. Di dalam buku ini terdapat 58 foto single dan 15 foto story yang kesemuanya merupaka hasil bidikan mata lensa dari seluruh penjuru negeri ini.
Buku ini layak dibaca bagi para pecinta fotografi karena mampu memberikan cara berpikir lebih luas untuk mencoba memotret sesuatu yang out of the box, keluar dari stigma yang berkembang di masyarakat dan sudut pandang sempit. Selain itu buku ini juga memberikan sebuah pandangan baru bagi masyarakat awam agar lebih memandang sebuah peristiwa maupun kisah yang seringkali dianggap sebelah mata secara lebih menyeluruh, cermat dan bijaksana seperti tujuan dari tema foto kali ini. (divisi Kepustakaan FFC)

0 comments: