Thursday, February 24, 2011

4

Danau yang Terancam Punah // Photo story by Angger Bondan

Tak hanya hewan yang bisa terancam punah, danau pun bisa terancam punah di Indonesia. Danau Limboto terletak di Gorontalo, Sulawesi Utara. Tiap tahun Danau Limboto mengalami pendangkalan dan penyusutan luas. Dahulu kedalaman danau mencapai delapan meter, kini kedalamannya berkurang drastis hanya mencapai tiga meter. Danau yang jernih kini menjadi keruh, ikan-ikan khas Gorontalo seperti ikan payangga, ikan mangga bai, ikan saribu, dan juga ikan kabos alias gabus kini sulit untuk ditemukan.
Para ahli memprediksi Danau Limboto hanya akan bertahan 10 tahun lagi. Sedimentasi, serangan gulma enceng gondok, dan makin luasnya areal permukiman di bantaran danau menjadi penyebab utama terancam punahnya Danau Limboto. Tanpa ada langkah konkret dari pemerintah dan masyarakat untuk melakukan penyelamatan, Danau Limboto hanya akan jadi kenangan.
Foto & Teks: Angger Bondan


Keramba

Ikan Nila



Enceng Gondok

Petani

Dermaga Dembe

Senja di Desa Hutadaa

Pulang dari Danau

4 comments:

fouri said...

weitzzz....gambarnya keren habis mas
maaf bro, sedikit masukan.. kayaknya teks ma foto kurang match ya??
momentum, subyek dan obyek fotonya kurang menggambarkan ancaman yang terjadi..
maaf kalo tidak berkenan..

angger said...

Makasih masukannya kang.
datang mas. Sori kalo ngga lengkap.
Aye emang lebih pengen nonjolin keindahan Danau Limboto, agar orang tergerak untuk berusaha menyelamatkan Danau Limboto.

andika said...

Memang, untuk permasalahan negara kita yang terlampau luas wilayahnya ini, katakanlah jika pemerintah peduli, itupun perlu bantuan masyarakat juga. Apalagi kalau pemerintahnya .... ah cukup sampai di sini deh.hehe

makasih gan info nya sangat menarik
dan bermanfaat
terus berkreasi gan