Wednesday, July 13, 2011

0

Merekam dengan Pinhole Kamera

Posted in

Rosita Nur Anggraini - My Converse

Pinhole camera adalah kamera yang digunakan manusia sebelum ditemukan kamera berlensa. Seiring perkembangan jaman, pinhole camera mengalami kemajuan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Di Indonesia, keberadaan pinhole camera kurang begitu didengar atau hanya dipelajari sebagai bentuk kamera pertama kali. Kenyaaan tersebut membuktikan bahwa ilmu pengetahuan dan tehnologi yang semakin berkembang. Sehingga pinhole camera kurang dikenal bahkan kurang diminati.
Seorang fotografer profesional dari Jakarta, Ray Bachtiar Drajat mempopulerkan pinhole camera melalui bukunya yang berjudul Memotret dengan nama Kamera Lubang Jarum ke berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Yogyakarta, Malang, Bali, Semarang, Surabaya, dll. dengan menyelenggarakan workshop-workshop. Buku tersebut bisa dikatakan buku fotografi kuno yang terbit di era digital.
Fisip Fotografi Club (FFC) UNS yang menyelenggarakan workshop dan pameran foto Kamera Lubang Jarum (KLJ) harus diberikan apresiasi yang tinggi. Ketajaman foto-foto KLJ yang dipamerkan memang tidak bisa dibandingkan dengan kamera berlensa tetapi gambar yang diperoleh sangat indah dan artistik bahkan banyak gambar fish eye sesuai rekomendasi buku KLJ. Yang luar biasa adalah keberanian untuk membidik manusia dan hunting ke luar atau yang jauh dari kamar gelap di patung Slamet Riyadi Gladag Solo .
Semoga fotografi pinhole camera atau KLJ dapat lebih dikenal di era digital ini dan dapat dikembangkan lebih luas.
(Teks: Muhammad Aslam - Komunitas KLJ Indonesia)
NB: Semua foto di-digitalisasi dengan teknik scan







Rosita Nur Anggraini - Blackberry vs Orange Juice



Prasetyowati - Mini Reog



Nizar Arsyadani - Tangga Kampus



Muharrik T. F. - PYLOX



Muhammad Saktiyono - Octopus Camera



Inggit Adab - Glasses



Dian Dwi Saputra - Slamet Riyadi




B'tara Lingga - Kantin FISIP



B'tara Lingga - Box



Ardiansyah Indra - Gedung 3



Angger Arya Pradana - Gedung FISIP




0 comments: